Jumat, 29 Januari 2016 - 14:48:35 WIB
code blue Rumah sakit
Diposting oleh : Administrator
Kategori: EDUKASI - Dibaca: 40005 kali

Mengapa Sistem Code Blue Penting?


SERANGAN JANTUNG
Sumber WHO menyatakan CVDs [Cardio Vascular Disease] adalah pembunuh nomor satu dan terbesar jumlahnya pada sejarah peradaban manusia. Jumlah korban yang meninggal dunia setiap tahunnya melebihi jumlah korban dari penyebab-penyebab lainnya.

CODE BLUE
adalah kode isyarat yang digunakan dalam rumah sakit yang menandakan adanya seorang pasien yang sedang mengalami serangan jantung [Cardiac Arrest] atau mengalami situasi gagal nafas akut [Respiratory Arrest] dan situasi darurat lainnya yang menyangkut dengan nyawa pasien. Dalam bahasa aslinya berbunyi sebagai berikut,"Code Blue is a declaration of or a state of medical emergency and call for medical personnel and equipment to attempt to resuscitate a patient especially when in cardiac arrest or respiratory distress or failure".

Penangan Code Blue memerlukan suatu rangkaian prosedur dan protokol dari tim yang mempunyai pelatihan khusus terhadap situasi tersebut, sebuah tim respon cepat dengan tanggap darurat terhadap upaya penyelamatan nyawa pasien pada tahap yang sangat kritis.

Siapakah yang menjadi anggota Kode Biru? Tak lain adalah semua anggota praktisi kesehatan dan medis dalam rumah sakit yang prihatin terhadap kondisi perubahan akut pada pasien.

Bilamana Kode Biru dapat diaktifkan pada perubahan yang akut terhadap kondisi pasien tersebut? Perubahan akut pada pasien dapat meliputi pada:

 

  1. Denyut Jantung [Heart Rate]
  2. Tensi Darah [Blood Pressure]
  3. Pernafasan [Respiratory Rate]
  4. Level Sadar [Consciousness]

Mengapa? Karena ada perubahan akut pada status pasien [Acute changes in patient status]

 

Rapid Response Team atau Tim Respon Tanggap Darurat Rumah Sakit adalah para petugas medis yang terlatih dalam penanganan situasi kritis yang dimaksud tersebut.

 

Petugas Medis tersebut haruslah mempunyai sertifikasi khusus dalam upaya pertolongan pertama pada pasien serangan jantung, misalnya Petugas IGD yang bersertifikat ACLS [Advanced Cardiac Life Support], Perawat ICU dengan sertifikat CVICU [Cardiovascular Medical ICU] dan lainnya.

                                            

Tim Kode Biru:                                     

      • Dokter IGD [ER]
      • Perawat ICU/ICCU
      • Petugas Kardiologi [Cardiologist]
      • Petugas Farmasi & Lab [Pharmacist]
      • Terapis Nafas [Respiratory Therapist]
      • Psikiater, & Petugas Radiologi

 

Peralatan Tim:

Code Blue / Emergency Trolley




0 Komentar :