Kesehatan

LANGKAH – LANGKAH PENGGUNAAN PENDAFTARAN ONLINE ” ERAMEDIKA QU “

rsem No Comments

APLIKASI ” ERA MEDIKA QU “

Dijaman yang serba digital dan online, kami memiliki terobosan kepada Anda, yaitu dengan menggunakan Aplikasi Era Medika QU . Aplikasi ini diperuntukan agi pasien RS Era Medika untuk mendapatkan pelayanan pendaftaran yang berbasis online. Selain pendaftaran online, Anda dapat melihat jadwal praktek dokter, kamar rawat inap yang tersedia. Jangan lupa untuk downliad aplikasi Era Medika QU di playstore. Atau dapat menggunakan Web dengan Link sebagai berikut : http://36.92.19.129/antrian/pasien 

Langkah – Langkah Penggunaan Aplikasi Era Medika QU 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Era Medika QU

  1. Mudah digunakan
  2. Tidak perlu Antri mendaftar
  3. bisa daftar poliklinik maupun penunjang di rumah maupun dimana saja
  4. sehari sebelum poli sudah mendapatkan no. antrian poliklinik
  5. dapat cek jadwal dokter dengan mudah
  6. lebih menghemat waktu

Yang Perlu Diperhatikan

  1. Untuk pasien Tunai sebelum melakukan Verifikasi data, maka lakukan pembayaran karcis terlebih dahulu. Agar Anda dapat melakukan check-in.
  2. Lakukan pendaftaran online maximal H-2 sebelum poli berlangsung
  3. Hubungi Call Center apabila Anda mengalami kendala dalam penggunaan aplikasi ‘Era Medika QU’

Indikator Mutu RS Era Medika

rsem 30 comments

 

PELAYANAN PRA RUMAH SAKIT HARUS SEGERA BERKEMBANG

rsem 1,203 comments

Sebuah peristiwa dapat membawa banyak makna. Kejadian seorang kiper Persela Lamongan yang meninggal di lapangan baru – baru ini, membawa banyak penyadaran pentingnya perbaikan di sektor pelayanan kegawatdaruratan pra-rumah sakit. Pemeriksaan awal seperti pemeriksaan respon dan nadi menjadi sangat krusial, mengingat korban ditemukan tidak sadar diri, dan nampak mengalami henti nafas. Dengan pemeriksaan nadi kita dapat menentukan apakah korban tersebut memerlukan pijat jantung dini, yaitu pada saat masih berada di tempat kejadian. Pijat jantung dapat pula dilakukan oleh orang awam yang sudah dilatih sehingga bantuan terhadap korban dapat dimaksimalkan. Bantuan nafas dengan pocket mask sederhana maupun ambu bag juga dapat diberikan saat korban masih berada di tempat kejadian.
Bagi korban akibat trauma/kecelakaan, penanganan awal memegang peranan penting dalam keseluruhan manajemen pra rumah sakit. Mengamankan leher korban dengan pemberian cervical collar atau dengan menopang leher di kedua sisi dengan kedua lengan bawah penolong sebelum proses pemindahan korban sangat penting untuk mencegah trauma lebih lanjut. Proses pemindahan korban dari tempat kejadian perlu mempertimbangkan aspek safety dan do no harm. Memindahkan korban dengan sejajar dan simultan, memfiksasi tubuh dengan strapping stretcher dan melindungi leher kepala merupakan prosedur yang tidak bisa ditinggalkan.  Proses transfer pasien kritis memiliki esensi memanfaatkan waktu transfer untuk terus melakukan pertolongan, bahkan di dalam ambulans. Dengan meningkatkan fasilitas di dalam ambulans, pertolongan yang dikerjakan dapat dimaksimalkan selama proses transfer, sebelum mencapai rumah sakit.
Tanpa bermaksud menyalahkan siapapun, marilah peristiwa ini menjadi titik awal perubahan untuk perbaikan di semua lini layanan pra-rumah sakit.
Karena sebagian besar korban tidak sadarkan diri dan henti jantung terjadi di luar rumah sakit, menjaga kehidupan itu, menjadi tanggung jawab kita bersama, dengan latar belakang pekerjaan apapun, di manapun kita berada. Karena pada dasarnya, time saving is life saving.

PERDAMSI
(Perhimpunan Dokter Ahli Emergensi Indonesia)

Apakah Tukang Gigi?

rsem 6,543 comments

42gigi

Di dalam pemeriksaan medis, ada berbagai macam tindakan medis yang kita kenal. Salah satunya adalah pemeriksaan gigi yang kita ketahui. Tindakan medis gigi ini bisa kita lakukan kepada dokter gigi. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan edukasi, pemeriksaan dan pencegahan dari penyakit yang berkaitan dengan gigi ini.

Namun, di masyarakat dikenal bahwa dokter gigi itu sama dengan tukang gigi. Kenapa demikian? Karena perbedaan mereka didasari pada dua hal, yaitu: (1) Seorang tukang gigi tidak memiliki latar belakang pendidikan medis yang memadai, berbeda dengan dokter gigi yang memiliki latar belakang pendidikan yang berkaitan dengan gigi ,(2) Seorang tukang gigi tidak memiliki standar tentang kebersihan praktik, sedangkan dokter gigi harus mematuhi hal tersebut.

Jika kita berpatokan dengan hal ini, maka pemeriksaan gigi kepada tukang gigi tidak disarankan. Karena untuk efek jangka panjang  tidak menjamin kesehatan gigi yang kita lakukan di tukang gigi bersih dari infeksi. Walaupun harga yang ditawarkan oleh seorang tukang gigi lebih murah daripada pemeriksaan yang dilakukan kepada dokter gigi.

Maka, ada tips-tips sebelum kita melakukan pemeriksaan gigi: (1) Pastikan perawatan sesuai dengan indikasi medis, (2) Konsultasikan ke dokter yang berkompeten, (3) Jangan tergiur harga yang murah, (4) Carilah info langsung dari perawat atau dokter gigi.  Perbanyaklah informasi masalah penanganan gigi, sebelum kita memperbanyak pengeluaran untuk perawatan gigi.